Rabu, 25 Maret 2015

ESSAY TEKNOLOGI KOMUNIKASI



New Media (Media Baru) terhadap Masyarakat

Zaman sekarang pembahasan yang sering muncul tentang teknologi kerap kali melibatkan tentang apa yang menjadi aspek media yang ditampilkan. Seiring dengan merebaknya media baru, gaya hidup masyarakat baik nasional maupun global secara sadar mulai berubah drastis. Salah satu yang berubah dapat dilihat dari cara masyarakat dalam mengakses informasi dalam local maupun secara universal. Karena new media sudah menyebar luas dikalangan masyarakat, masyarakat pun cenderung menggunakan new media, ketimbang mengakses informasi menggunakan media lama atau semacam hal yang terlihat merepotkan, karena dengan menggunakan media baru ini masyarakat dapat mengakses informasi dengan cepat dan efektif. Bahkan, di beberapa tempat penggunaan media lama sudah mulai tidak terlihat, mulai tergerus oleh waktu dan zaman. 

Kesimpulan pengertian dari new media ialah evolusi atau perubahan dari media lama. Sehingga, media baru merupakan media yang merupakan media – media yang diintegrasikan dengan teknologi internet. Mengapa demikian, karena internet, suka atau tidak suka, telah menjadi penyuplai informasi nomor satu terhadap kalangan masyarakat. Kepraktisan dan aktualitasnya dalam mengakses informasi lebih cepat membuat internet sekarang telah menjadi primadona bagi masyarakat global dalam urusan mencari informasi. Dan karena pengaruh internet sudah sangat dominan, membuat media – media lama harus berkembang dan dapat memiliki unsur kepraktisan dan aktualitas yang sama, yang akhirnya dilakukan dengan cara mengimplementasikan internet ke dalam teknologi yang dimiliki. Media – media yang pertama kali mengimplementasikan internet merupakan salah satu contoh dari media baru pertama, selain jaringan internet itu sendiri.
Sebagai contoh salah satu media baru yang sekarang sangat digandrungi oleh kalangan masyarakat luas ialah handphone yang kini berubah menjadi smartphone. Internet bukanlah satu satunya aspek yang dilibatkan dalah hal tersebut namun karena adanya internet, smartphone yang sekarang telah memasuki pasar masyarakat modern, hampir seluruh programnya terhubung oleh jaringan internet seperti jejaring sosial, games, program berita, dan lain – lain. Hal tersebut membuat eksistensi internet menjadi salah satu pertimbangan penting dalam pengembangan teknologi – teknologi media lama. Dikatakan demikian karena sekarang ini pengaruh yang dihasilkan oleh media baru sangat beragam, dimulai dari aspek positif maupun aspek negative.

Disini saya akan menjelaskan tentang dampak dari new media itu sendiri terhadap masyarakat di aspek positif maupun negative. Dari aspek positif new media sudah banyak digemari oleh masyarakat luas dengan adanya program-program dengan tampilan menarik yang tentunya berhubungan dengan internet. Seperti halnya ketika kita tersangkut tindakan criminal seperti pencopetan, kehilangan sanak saudara atau kejahatan dalam masyarakat lainnya, dengan adanya new media sekarang ini telah membuat masalah tersebut menjadi lebih mudah diatasi karena adanya bantuan internet kita bisa melaporkan terlebih dahulu kepada pihak berwajib dan selanjutnya menggunakan media baru seperti memasang iklan di media elektronik, menginformasikan lewat media social dan lainnya.

Contoh lagi dalam aspek positif, ketika smasyarakat menginginkan metode penjualan maupun pembelian lebih mudah, hemat dan praktis, sekarang ini new media telah memberikan fasilitas seperti online shop yang sekarang ini tersebar di jejaring media manapun. Kemudahan dan keunikan serta mutu barang yang dijual telah menarik banyak sekali pembeli yang aktif dalam jejaringan social sehingga sangat membantu aktifitas perdagangan. Namun disini ada hal yang mesti dipertimbangkan, dalam aspek negative seperti contoh kasus penipuan terhadap penjual-belian barang saat online shop pun merupakan salah satu hal yang mesti dipertimbangkan karena bagaimanapun pengguna new media tidak hanya dari kalangan baik-baik saja, namun di setiap kalangan masyarakat termasuk tindak kejahatan ialah salah satu hal yang mesti di waspadakan.

Disini, kemudahan new media telah dimanfaatkan dengan baik oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab atas perkembangan media elektronik maupun media cetak. Dalam media elektronik seperti smart TV, televisi yang dapat mengakses jaringan internet dan memiliki kualitas gambar yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Tujuannya sama seperti sebelumnya ,yakni agar konsumen atau masyarakat tetap mau menggunakan televisi dan tidak berpindah sepenuhnya ke internet, yang mayoritas diakses menggunakan PC dan laptop. Bahkan, beberapa pihak sekarang menciptakan internet TV, yakni layanan televisi kabel yang diakses sepenuhnya melalui internet. Dengan kemampuan menyajikan acara yang berasal dari TV kabel atau penayangan acara dari internasional dan beberapa di antaranya mendapat gratis, keberadaan internet TV cukup banyak menarik minat konsumennya untuk mengakses internet TV, yang juga menjadi salah satu alasan produsen televisi menciptakan smart TV.

New media tidak hanya mamou menciptakan hal-hal baru namun dapa menciptakan sesuatu hal yang tradisional menjadi lebih modern. Contohnya sekarang ini telah tersedia Koran elektronik, dimana yang kita tahu Koran merupakan media cetak yang terbuat dari kertas, namun disini kita dapat melihat perubahan yang terjadi pada Koran tesebut yang kini telah menjadi media elektronik. Koran elektronik merupakan program yang dibuat oleh pihak yang bertanggung jawab sebagai sarana agar dapat tetap menyajikan berita seaktual mungkin, dan memberi alternatif lain kepada konsumen selain mencari informasi dari Koran kertas, yang mulai dirasa kurang praktis dan aktual oleh beberapa konsumen. Koran elektronik memiliki tampilan seperti Koran – Koran pada umumnya, dengan adanya artikel headline, artikel sampingan, dan lainnya dalam bentuk link, yang nantinya apabila link tersebut diakses, akan menghubungkan konsumen berita ke laman yang memuat artikel tersebut, sehingga lebih praktis dan mudah.

Setelah memahami bagaimana new media berkembang dan keberhasilan new media saat ini. Keberadaan media baru juga sedikit banyak merubah gaya hidup masyarakat, dimana masyarakat jaman sekarang lebih pasif dalam proses komunikasi langsung dan lebih terfokus kepada informasi – informasi yang mereka akses dari new media. Media baru memang dapat memberikan masyarakat segudang informasi yang bisa dikatakan “tanpa batas”, akan tetapi bukan berarti media baru dijadikan gaya hidup dikalangan konsumen. Penggunaan media baru harus tetap diseimbangkan dengan konsumsi media lama, dan penggunaan media – media tersebut harus diberlakukan dengan aktivitas di luar rumah, agar dapat mencapai standar hidup yang lebih baik dan mutu yang tinggi untuk tetap mecapai kehidupan yang normal dan semestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar